Wisata Edukasi di Kebun Raya Kendari

SULTRAMERDEKA.COM – Kebun Raya Kendari merupakan salah satu destinasi wisata Kota Kendari. Dari pusat kota, berjarak sekitar 14 km dengan akses jalan memungkinkan dilalui roda dua maupun empat.

Dibangun tahun 2016, destinasi ini terletak di Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Wilayah kebun raya ketujuh di Sulawesi ini seluas 96 hektar. Namun, hingga akhir 2020 baru 10 hektar lahannya yang digunakan.

Baca Juga: Pantai Toronipa, Destinasi Wisata Keluarga Sultra

Selain sebagai wisata, lokasi yang diresmikan 22 Oktober 2019 ini juga sebagai kawasan konservasi, penelitian, pendidikan, dan jasa lingkungan. Mengusung tema Kawasan Konservsi Tumbuhan Ultra Basic, Kebun Raya Kendari menjadi salah satu kebun raya perkotaan yang menjadi perhatian serius Kementerian PUPR. Hal ini terlihat dari masifnya pembangunan dan pembenahan sejak pertama kali kebun raya ini mulai dibangun pada 2016 lalu.

Baca Juga: Makanan Khas Sultra, Sinonggi

Suasana sejuk akan mulai terasa saat memasuki gerbang Kebun Raya Kendari. Bukit yang ditumbuhi pepohonan di sisi kanan dan aliran air kali di sisi kiri jalan masuk yang diaspal. Sepanjang jalan di sisi kiri dan kanan ditumbuhi beraneka bunga dan beberapa tanaman hias endemik.

Sejumlah bangun yang difungsikan sebagai ruang informasi Kebun Raya Kendari, tempat pertemuan, dan titik istirahat dibangun dengan model atap rumah adat suku Tolaki. Di salah satu taman, khusus menanam sejumlah tanaman obat-obatan.

Baca Juga: Berburu Sea Food di Kota Kendari

Lokasi yang tak terlalu jauh dari pusat kota dan suasana yang tenang menjadi salah satu pemikat untuk berkunjung ke tempat ini. Hanya saja perlu membawa perbekalan secukupnya karena tak terdapat pedagang di sekitar lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *