BERITA

Warga Soropia Konawe Diedukasi Swamedika Obat dan Skincare

Warga Desa Sawapudo, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara mendapat sosialisasi swamedika obat dan skincare pada Rabu, 9 Agustus 2023.

Edukasi tersebut dilakukan Tim Program Kemitraan Internal Universitas Halu Oleo (PKMI UHO) bekerjasama dengan KKN MBKM Farmasi UHO.

Dalam kegiatan sosialisasi ini diberikan informasi  penggunaan obat dan penggunaan skincare secara baik dan benar melalui penyuluhan ke rumah penduduk dalam bentuk door to door.

“Kegiatan sosialisasi swamedikasi obat diharapkan masyarakat Desa Sawapudo memperoleh informasi umum tentang bagaimana mengetahui penggolongan obat, tanda peringatan pada label obat, cara pemilihan obat, cara penggunaan obat, cara penyimpanan obat, pengetahuan dosis, efek samping, serta mengetahui tanggal kadaluarsa,” terang Ketua Tim PKMI UHO, Dr. apt. Asriullah Jabbar.,M.P.H, dalam keterangan tertulis pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Dalam sosialisasi ini juga dijelaskan tentang pentingnya penggunaan sunscreen untuk perlindungan dari paparan sinar matahari langsung.

“Desa Sawapudo merupakan daerah pesisir yang secara khusus paparan sinar mataharinya langsung menyengat ke kulit, sehingga baiknya menggunakan sunscreen saat beraktivitas agar dapat mencegah penuaan dini pada kulit, serta menjaga warna kulit tetap merata dan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar radiasi UV,” jelasnya.

Kegiatan ini disambut baik warga Sawapudo. Mereka mengakui edukasi semacam ini sangat penting mengingat pengetahuan mereka terkait yang disosialisasikan masih minim.

Mahasiswa dan Dosen edukasi warga Soropia Konawe terkait swamedika obat dan skincare. Foto: Ist

“Kami warga desa masih kurang memahami penggunaan obat-obatan dan skincare, dengan adanya sosialisasi ini dapat memberi wawasan baru tentang penggunaan obat dan skincare secara baik dan benar,” terang perwakilan warga Desa Sawapudo.

Dalam kegiatan sosialisasi ini pihak PKMI UHO bersama Mahasiswa KKN MBKM Farmasi UHO memberikan bingkisan skincare seperti masker wajah, dan sunscreen sebagai ucapan terima kasih ikut berpartisipasi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *