BERITA

Pilkada Muna Barat: PKB Berikan Rekomendasi kepada La Ode Darwin

SULTRAMERDEKA.COM – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan rekomendasi tahap pertama kepada bakal calon Bupati Muna Barat, La Ode Darwin untuk maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Surat rekomendasi yang ditandatangani Ketua Tim Desk Pilkada DPP PKB, Abdul Halim Iskandar ini diserahkan oKetua DPW PKB Sultra, Jaelani pada Kamis (30/5/2024).

Jaelani menjelaskan, penyerahan rekomendasi tahap pertama ini merupakan bagian dari proses penjaringan calon kepala daerah yang dilaksanakan DPP PKB.

“Semoga rekomendasi ini dapat dimaksimalkan dengan baik oleh yang bersangkutan,” kata Jaelani dalam keterangan tertulisnya.

Jaelani mengatakan, surat rekomendasi ini menjadi modal La Ode Darwin untuk melakukan komunikasi politik dengan partai lain.

PKB di Muna Barat memperoleh tiga kursi di DPRD hasil Pemilu 2024. Butuh tambahan satu kursi untuk dapat mengusung pasangan calon di Pilkada Muna Barat.

“Saya yakin La Ode Darwin bisa maksimal melakukan lobi politik dengan partai lain untuk maju di Pilkada Muna Barat,” kata Jaelani.

Jaelani mengungkap, La Ode Darwin merupakan satu-satunya bakal calon Bupati Muna Barat yang mendaftar di PKB. Dengan demikian, hampir dipastikan PKB mendukung La Ode Darwin di Pilkada Muna Barat.

“Kita tinggal tunggu saja tambahan dukungan dari partai lain untuk La Ode Darwin,” jelasnya.

Jaelani mengatakan, jika partai pengusung La Ode Darwin dan pendampingnya di Pilkada Muna Barat sudah final, DPP PKB akan menerbitkan surat dukungan yang ditandatangani Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar dan Sekretaris Jenderal DPP PKB, Hasanuddin Wahid.

“Ini tinggal waktu saja sebenarnya. Kita ikuti dulu prosesnya. Jika sudah final semua, baik wakilnya maupun partai pengusung lainnya, DPP PKB akan menerbitkan surat rekomendasi tahap dua untuk dibawa ke KPU saat mendaftar nantinya,” jelas Jaelani.

Jaelani mengungkap, PKB dalam menetapkan dukungan kepada calon kepala daerah memberikan berbagai pertimbangan. Misalnya, bakal calon resmi mendaftar di PKB serta memiliki komitmen yang sama dengan PKB dalam membangun daerah.

“Selain elektabilitas, banyak juga pertimbangan lain. Termasuk komitmen dengan PKB soal urusan keumatan,” jelas Jaelani.

Caleg DPR RI terpilih daerah pemilihan (dapil) Sultra ini berharap, dengan berbagai pertimbangan tersebut, PKB bisa menjadi partai pemenang di dalam kontestasi politik lima tahunan di Bumi Anoa.

“Kita kan nanti pilkada di 17 kabupaten dan kota. Jika DPP PKB sudah resmi memberikan dukungan, maka seluruh struktur dan organ diwajibkan memenangkan calon yang diusung nantinya,” pungkasnya.(sm-01/rls)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *