BOLA

Euro 2024 Jerman vs Skotlandia: Petaka yang Hancurkan Tim Tamu

SULTRAMERDEKA.COM – Tuan rumah Jerman tampil dominan dalam laga pembuka Euro 2024 dengan menumbangkan Skotlandia di Allianz Arena pada Jumat (14/6/2024) waktu setempat.

Der Panzer langsung melancarkan serangan ke pertahanan Skotlandia begitu peluit pertandingan ditiup.

Tak butuh waktu lama, Florian Wirtz langsung mencatatkan namanya pada menit ke-10 melalui sepakan mendatar menyambar umpan Joshua Kimmich yang bergulir di depan kotak penalti.

Bola sempat ditepis kiper Skotlandia, Angus Gunn. Namun upaya kiper Norwich City ini tak mampu menghalau bola keluar gawang.

Skotlandia sempat merespons gol tersebut dengan menggempur pertahanan Jerman. Namun, serangan tersebut tak berlangsung lama.

Toni Kroos dkk kembali membuat Jerman mengungguli permainan Skotlandia. Jamal Musiala pada menit ke-19 menambah keunggulan dengan sepakan di depan gawang setelah menerima umpan tarik dari Kai Havertz.

Jerman tetap mendominasi jalannya pertandingan. Skotlandia hanya banyak bermain di daerah sendiri dengan sesekali melakukan serangan balik.

Petaka bagi Skotlandia akhirnya terjadi di penghujung babak pertama. Pada menit ke-45 Ryan Porteous mendapat kartu merah setelah melakukan pelanggaran berdasarkan tinjauan VAR.

Jerman kemudian mendapat hadiah penalti. Kai Havertz sukses mengeksekusi bola dari titik putih untuk membuat Jerman unggul 3-0 pada menit ke-45+1.

Pada babak kedua, Jerman mendominasi penuh selama 15 menit pertama. Skotlandia baru bisa berhasil keluar dari tekanan setelahnya.

Jerman kemudian mengganti sejumlah pemainnya untuk tetap menggempur pertahanan Skotlandia.

Skotlandia yang keasikan menyerang, malah kembali kebobolan pada menit ke-68 melalui sepakan keras Niclas Fillkrug.

Unggul 4-0 tak membuat Jerman mengendurkan serangan. Pertahanan Skotlandia masih terus digempur tim asuhan Julian Nagelsmann ini.

Skotlandia yang sudah kalah telah berusaha membalas. Mereka kemudian mendapat gol dari skema tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Jerman.

Andrew Robertson yang mengirim umpan ke depan kotak penalti Jerman. Bolanya kemudian ditanduk pemain Skotlandia. Bolanya berbelok arah setelah mengenai kepala Antonio Rudiger pada menit ke-87.

Skor 4-1 ternyata belum cukup bagi Jerman. Jawara Euro tiga kali ini kemudian menambah gol membuat skor akhir 5-1.

Gol terakhir Jerman lahir melalui sepakan Emre Can setelah menerima umpan Thomas Muller pada menit ke-90+3.

Selama pertandingan, Jerman melepaskan 20 tembakan, sedangkan Skotlandia hanya 1 saja. Dari jumlah tersebut, tembakan tepat sasaran Jerman sebanyak 10, sedangkan Skotlandia 0.

Jerman juga mendominasi penguasaan bola dengan 73 persen, sedangkan  Skotlandia 27 persen.

Susunan pemain
Jerman (4-2-3-1): Neuer; Mittelstadt, Tah, Rudiger, Kimmich; Kroos (80′ Can), Andrich (46′ Gross); Gundogan, Wirtz (63′ Sane), Musiala (74′ Muller); Havertz (63′ Fullkrug)

Pelatih: Julian Nagelsmann
Skotlandia (5-4-1): Gunn; Robertson, Tierney (77′ McKenna), Hendry, Porteus, Ralston; Christie (82′ Shankland), McGregor (67′ Gilmour), McTominay, McGinn (67′ McLean); Adams (46′ Hanley)

Pelatih: Steve Clarke.***

(sm-01)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *