BERITA

Puncak Musim Kemarau di Indonesia Diprediksi Terjadi pada Juli sampai Agustus 2024

SULTRAMERDEKA.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim kemarau di Indonesia terjadi pada Juli 2024.

Namun, sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami puncak kemarau pada bulan Agustus 2024.

“Mengalami puncak kemarau pada Agustus 2024 meliputi sebagian Sumatera Selatan, Jawa Timur, sebagian besar Kalimantan Timur, Bali, NTB, NTT, sebagian besar Sulawesi, Maluku dan Pulau Papua,” kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati pada Jumat (15/3/2024).

Sejumlah wilayah yang mengalami puncak musim kemarau di bulan Juli 2024, yakni  Pulau Sumatera, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Kalimantan Barat, dan sebagian Kalimantan Utara.

“Jadi yang Juli puncak kemaraunya lebih awal, yang September puncak kemaraunya lebih akhir, dibanding yang sebagian besar mengalami puncak kemarau pada Agustus 2024,” kata Dwikorita.

Dari data tersebut, BMKG menyimpulkan musim kemarau 2024 diprediksi secara umum mundur dibandingkan kondisi normal.

Sementara curah hujan yang turun pada periode kemarau 2024 diprediksi normal hingga lebih basah dibanding kondisi normal.

“Beberapa daerah diprediksi curah hujan yang lebih rendah dibanding kondisi normalnya, puncak kemarau umumnya diprediksi pada Juli dan Agustus,” terangnya. (sm-01)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *