BERITA

Pengerjaan Jalan di Konawe Utara, Dinas PUPR Pastikan Sesuai Standar

SULTRAMERDEKA.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Konawe Utara memastikan pengerjaan semua ruas jalan di Konut sesuai dengan standar yang telah ditentukan Kementerian PU melalui Dirjen Bina Marga.

Hal tersebut ditegaskan Kadis PUPR Kabupaten Konawe Utara, Ir. H. Ujung Lasandara, S.T., M.Si. melalui Kabid Bina Marga PUPR Kabupaten Konawe Utara, Alfian, S.ST., M.T. pada Sabtu (13/1/2024).

“Terkait kualitas pekerjaan ini, kami bisa pertanggungjawabkan sesuai dengan spesifikasi dan standar yang telah dikeluarkan sebelumnya oleh Kementerian PU melalui Dirjen Bina Marga,” tegas Alfian.

Alfian mengungkapkan, pihaknya dalam proses pengerjaan memastikan betul terkait dengan prosedur dan mekanisme serta penggunaan bahan saat di lapangan.

“Terkait kualitas aspal, standar pengerjaan, dan standar lainnya yang sudah ditentukan sebelumnya itu semua kami patuhi,” tegas Alfian.

Alfian menjelaskan, terkait dengan kualitas aspal yang digunakan, pihaknya juga mengacu kepada standar yang sudah dicantumkan dalam rencana anggaran belanja (RAB) yang dibuat sebelumnya.

“Standar aspalnya juga sesuai standar karena pengambilan material itu sesuai spesifikasi yang ditentukan, semuanya sesuai standar yang dicantumkan dalam RAB,” terang Alfian.

Ia juga menegaskan selama dalam proses pengerjaan, pihaknya dalam pengawasan melibatkan sejumlah pihak terkait.

“Pengawasan semua pihak terlibat mulai dari konsultan pengawas, direktur teknis, PPTK, dan PPK, semua terlibat,” tegasnya.

“Pengawasan tiap hari ada, jadi kita kontrol terus supaya sesuai standar yang sudah ditentukan,” sambungnya.

Dengan sejumlah prosedur yang telah dipenuhi tersebut, Alfian membantah tudingan terkait sejumlah titik pekerjaan yang disebut tak sesuai standar.

“Kalau dikatakan tidak sesuai standar harus dibuktikan dengan uji laboratorium terkait kualitas untuk membuktikan kalau material tersebut tidak layak dipakai,” tandasnya.

Alfian memastikan dengan prosedur yang sama, pihaknya masih akan terus melakukan pengaspalan jalan di wilayah Konawe Utara.

“Untuk tahun 2024 sejumlah ruas jalan di Konut akan kembali diaspal. Prioritas pengaspalan juga di dalam kota untuk menyambut penyelenggaraan MTQ Sultra di Konut,” jelasnya.

Sebelumnya juga saat HUT Konut pada 2 Januari 2024 yang lalu, Bupati Konut, Dr. Ir. H. Ruksamin, S.T., M.Si., IPU ASEAN Eng. menegaskan terkait pengaspalan jalan di wilayahnya.

Bupati Ruksamin di hadapan masyarakat Konut yang menghadiri panggung utama Festival Konasara HUT Konut menegaskan akan menuntaskan pengaspalan jalan di Konut.

“Di sisa jabatan saya dan Pak Abuhaera kami akan menuntaskan pengaspalan jalan kabupaten di tahun 2024 ini,” kata Ruksamin di hadapan ribuan masyarakat Konut.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *