SULTRAMERDEKA.COM – Suatu ketika saat scroolling beranda media sosial (medsos) tak sengaja sepintas saya menemukan status seorang ibu mengeluhkan perlakuan suaminya yang jarang memperhatikan si ibu dan anaknya. Belakangan baru saya ketahui melalui beranda medsos juga, dari beberapa unggahan foto tampak suaminya yang memang sedang sibuk untuk urusan kerja di berbagai daerah.

Pada kejadian lain juga, di beranda medsos saya menemukan status seorang teman mengeluhkan suaminya hanya sibuk bekerja tanpa peduli dengan kondisi anak mereka yang dalam status itu dikatakan sedang sakit.

Ada pula status seorang ibu di medsos yang mengeluhkan belum mendapatkan uang bulanan dari suami sehingga menyuruh anaknya melalui akunnya agar sedikit berhemat.

Sebagian dari kita barangkali sering mendapatkan status-status keluhan rumah tangga seperti itu di medsos. Meski kita tak tahu secara konteks, tetapi dapat disimpulkan sedang ada masalah di sekitar si pembuat status.

Padahal masalah demikian semestinya tak hadir di ruang publik bernama medsos. Akan tetapi begitulah, setiap orang punya cara berbeda merespon apa yang dihadapinya. Termasuk terhadap hal yang privasi sekalipun.

Maka di masa milenial ini, tak perlu lagi ke beranda rumah orang untuk tahu kondisi terkini sebuah keluarga. Cukup ke beranda medsos, maka persoalan sebuah keluarga akan didapatkan di sana. Sebab kini, beranda rumah tak lagi bertirai.

(21.03.2018, 02.30 p.m.)