BERITA

Guru Besar UHO Bertambah 5 dari Fakultas MIPA

Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Muhammad Zamrun Firihu kembali mengukuhkan 5 guru besar di Auditorium HEA Mokodompit pada Rabu (18/10/2023).

Lima guru besar atau profesor yang dikukuhkan Rektor UHO dia periode tersebut merupakan dosen dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Mereka yang dikukuhkan yakni Prof. Armid, S.Si., M.Si., M.Sc., D.Sc., berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik, Indonesia Nomor NOMOR 45035/M/07/2023, tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen, tanggal 21 Agustus 2023, TMT mulai tanggal 1 Agustus 2023 diangkat dalam jabatan Guru Besar dalam bidang Ilmu Kimia Kelautan.

Prof. Dr. Ida Usman, S.Si., M.Si., berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 45033/M/07/2023, tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen, tanggal 21 Agustus 2023, TMT mulai tanggal 1 Agustus 2023 diangkat dalam jabatan Guru Besar dalam bidang Ilmu Fisika Material Fungsional.

Prof. Dr. Mukhsar, S.Si., M.Si., berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 47376/M/07/2023, tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen, tanggal 1 September 2023, TMT mulai tanggal 1 Agustus 2023 diangkat dalam jabatan Guru Besar dalam bidang Ilmu Statistika Terapan.

Prof. Dr. Hasria, S.Pd., M.Si., berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 47375/M/07/2023, tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen, tanggal 1 September 2023, TMT 1 Agustus 2023 diangkat dalam jabatan Guru Besar dalam bidang ilmu Geologi Sumberdaya Mineral.

Prof. Dr. Suriana, M.Si., berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 45034/M/07/2023, tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen, tanggal 21 Agustus 2023, TMT mulai tanggal 1 Agustus 2023 diangkat dalam jabatan Guru Besar dalam bidang Ilmu Biologi/Genetika.

Prof. Zamrun dalam sambutannya mengatakan, bertambahnya guru besar akan berkorelasi dengan kualitas sumber daya manusia dan kapasitas kelembagaan Universitas Halu Oleo dalam mengemban Tridharma Perguruan Tinggi.

Untuk itu, menurutnya, tanggung jawab kelima guru besar yang baru dilantik akan semakin bertambah dan terus mengembangkan dan mengabdikan diri untuk pengembangan ilmu pengetahuan, terutama dalam melakukan riset di bidang keilmuan masing-masing.

“Saya berpesan kepada para guru besar yang dikukuhkan hari ini agar dapat memberikan aksi nyata untuk memajukan Universitas Halu Oleo dalam bidang keilmuannya masing-masing,” kata Prof. Zamrun.

Menurutnya, guru besar harus menghasilkan lebih banyak karya terutama dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Guru besar sebagai academic leader atau kepemimpinan akademik harus meningkatkan layanan prima. Guru besar harus selalu berupaya menemukan cara tentang kepeloporan akademik yang ditunggu oleh masyarakat, selanjutnya guru besar berupaya memberikan jawaban atas persoalan yang ada di lingkungan akademik kampus dan di masyarakat dengan aksi nyata,” pesannya.

Selain itu, menurutnya lagi, guru besar juga harus dapat menginspirasi seluruh dosen di Universitas Halu Oleo, terutama di program studinya masing-masing dalam memberikan bimbingan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat agar dapat meningkatkan akreditasi program studi.

“Kinerja dan inovasi dapat meningkatkan kualitas diri dengan melakukan pengembangan profesionalitas berkelanjutan, membangun karakter dan peradaban bangsa yang bermartabat, guna mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Prof. Zamrun.

Adapun judul orasi ilmiah kelima guru besar yang baru dilantik tersebut, yakni: Prof. Armid, S.Si., M.Si., M.Sc., D.Sc., judul orasi ilmiah “Penggunaan Organisme Laut dalam Rekonstruksi Perubahan Iklim sebagai Efek Pemanasan Global”.

Prof. Dr. Ida Usman, S.Si., M.Si., judul orasi Ilmiah “Sel Surya dan Potensi Pengembanganya di Indonesia”.

Prof. Dr. Mukhsar, S.Si., M.Si., judul orasi Ilmiah “Pemodelan Stokastik Bayesian sebagai Pendekatan Statistika Era Society 5.0 dalam Analisis Data Epidremik Spasial-Temporal”.

Prof. Dr. Hasria, S.Pd., M.Si., judul orasi ilmiah “Karakteristik dan Potensi Endapan Emas Orogenik Sulawesi Tenggara sebagai Target Eksplorasi Baru Endapan Emas Indonesia”.

Prof. Dr. Suriana, M.Si., Judul orasi ilmiah “Gen Cytochrome Oxidase Sub Unit I (COI) sebagai DNA Barcode Hewan dan Peranannya dalam Menunjang Identifikasi Hewan”.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *